RANCANGAN DESTINATION BRANDING KABUPATEN WAJO: STRATEGI MEMBANGUN CITRA DESTINASI WISATA UNTUK PENINGKATAN DAYA TARIK PARIWISATA
Keywords:
Destination Branding, Slogan Pariwisata, Pemasaran Pariwisata, Promosi PariwisataAbstract
Penelitian ini membahas strategi branding destinasi untuk Kabupaten Wajo. Kabupaten Wajo memiliki potensi alam yang melimpah, budaya yang kaya, dan warisan tradisional yang unik. Kabupaten Wajo masih belum memiliki branding yang kuat dalam konteks pariwisata. Pengumpulan informasi dari wawancara, observasi, dan studi literatur terkait dengan elemen yang berkontribusi pada proses pembentukan branding destinasi Kabupaten Wajo. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang pandangan para narasumber mengenai elemen-elemen tersebut, termasuk potensi, budaya, citra, karakter, kepribadian, serta elemen-elemen seperti logo dan slogan. Rekomendasi branding yang diusulkan mengintegrasikan elemen-elemen seperti Danau Tempe, Sutera, dan Rumah Adat Atakka'e, serta tagline "It’s more special’s inside." Identitas visual yang memperlihatkan ciri khasnya sebagai destinasi pariwisata yang memiliki daya tarik, keunikan, dan keajaiban alam. Dengan branding yang efektif, diharapkan dapat meningkatkan daya tariknya bagi wisatawan domestik dan internasional serta bersaing lebih baik dalam pasar pariwisata yang kompetitif. Hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pihak terkait dalam mengembangkan branding destinasi Kabupaten Wajo dan mengoptimalkan potensi pariwisata yang dimilikinya.
References
Badan Pusat Statistik. 2020. Kabupaten Wajo Dalam Angka 2020. http://www.bps.go.id [11 Agustus 2020]
Bawanti, A. (2016). ANALISIS CITY BRANDING DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Media Wisata, 14, 365. http://www.nber.org/papers/w16019
Fetscherin, M. (2010). How to Brand Nations, Cities and Destinations: A Planning Book for Place Branding. International Marketing Review, 27, 480–483.
Kotler, Philip; Kartajaya, Hermawan; Setiawan, I. (2015). marketing 3.0.
Maruto, N. A. R., & Huda, A. M. (2020). Destinasi Branding Kampung Lawang Seketeng Sebagai Wisata Kuliner. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(2), 118. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i2.11318
Menteri Pariwisata Republik Indonesia. (2018). Keputusan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor KM.142/UM.001/MP/2018 Tentang Logo Wonderful Indonesia dan Logo Pesona Indonesia. In Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
Nigel Morgan, Annette Pritchard, R. P. (2007). Destination Branding. In Routledge. https://doi.org/10.4324/9780080568935-14
Rauf Hidayat, M., & Thamrin. (2019). Analisis Proses City Branding’ Taste Of Padang’ sebagai Brand Destinasi Pariwisata Sumatera Barat. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha , 1(1), 241–258.
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17, 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Risitano, M. (2006). The role of destination branding in the tourism stakeholders system. Semantic Scholar, 1–18.
Sugiyono. (2014.). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung : Alfabeta,.
Undang - Undang No.10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan
Wajokab.https://wajokab.go.id/page/detail/kondisi_geografi.[10 Agustus 2020]





