ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PRODUK PARIWISATA DI KAMPUNG WISATA PANCURAN, SALATIGA

Authors

  • Dolianus Manao Program Studi Destinasi Pariwisata, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Aldi Lasso Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Produk Pariwisata, pengembangan, Salatiga

Abstract

Aspek produk pariwisata memainkan peranan yang penting dalam pengembangan seuah destinasi pariwisata. Pengembangan produk pariwisata masih banyak yang berfokus pada pembangunan fisik saja. Penelitian ini mengelaborasi potensi produk pariwisata secara holistik baik dari sisi tangible maupun intangible yang dimiliki sebuah kampung wisata Pancuran di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seluruh komponen produk yang dimiliki dengan melakukan penelitian kualitatif dengan cara observasi di lapangan langsung, melakukan wawancara dan studi pustaka, serta menganalisa secara deskriptif. Data dianalisis lebih mendalam menggunakan analisis SWOT. Hasil temuan menunjukkan bahwa kampung wisata Pancuran memiliki beragam potensi daya tarik wisata namun terdapat kelemahan di sisi amenitas dan aksesibilitas. Rekomendasi yang diberikan adalah pengemasan paket wisata yang mengintegrasikan seluruh potensi yang dimiliki.  

References

Buhalis, D., & Costa, C. (2006). Tourism management dynamics: Trends, management, and tools. Butterworth-Heinemann.

Fajar. (2018, November 1). Walikota Resmikan Kampung Wisata Pancuran. Retrieved from Pemerintah Kota Salatiga: https://salatiga.go.id/walikota-resmikan-kampung-wisata-pancuran/

Fatimah, F. N. (2020). Teknik Analisis SWOT, Pedoman Menyusun Strategi Yang Efektif & Efisien Serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. In F. N. Fatimah, Pengertian Analisis SWOT (pp. 7-8). Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Goeldner, C. R., & Ritchie, J. R. (2012). Tourism: Principles, practices, philosophies. John Wiley & Sons.

Gursoy, D., Jurowski, C., & Uysal, M. (2002). Resident attitudes: A structural modeling approach. Annals of Tourism Research, 29(1), 79-105.

Inskeep, E. (1991). Tourism planning: An integrated and sustainable development approach. Canada: Jhon Wiley & Sons.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Nuriata, N. (2014). Paket Wisata Penyusunan Produk dan Perhitungan Harga. Alfabeta, 15.

Pearce, D. G. (2012). Tourist attraction systems. Annals of Tourism Research, 39(2), 1216-1240.

Perumahan dan Kawasan Permukiman. (2021, Oktober 13). Profil Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Salatiga. Retrieved from perkim.id: https://perkim.id/pofil-pkp/profil-kabupaten-kota/profil-perumahan-dan-kawasan-permukiman-kota-salatiga/

Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, 18.

Rohman, F. A. (2019). Drumblek, Kesenian Barang Bekas Dari Salatiga Untuk Dunia. Drumblek, Second Hand Art From Salatiga Into World.

Neliti.com, 59-65. doi:https://doi.org/10.36869/wjsb.v10i1.35

Sigala, M. (Ed.). (2012). Trends and issues in global tourism 2012. Springer Science & Business Media.

Suwantoro, G. (2019). Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Published

2024-07-01

How to Cite

Manao, D., & Lasso, A. (2024). ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PRODUK PARIWISATA DI KAMPUNG WISATA PANCURAN, SALATIGA. Jurnal Pariwisata Tawangmangu, 2(2), 83–95. Retrieved from https://journal.bukitpengharapan.ac.id/index.php/JUPARITA/article/view/287

Issue

Section

Articles