PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2022

Authors

  • Putri Utami Matullesy Universitas Harapan Medan
  • Rizki Fillhayati Rambe
  • Iman Indrafana

DOI:

https://doi.org/10.61696/jusapak.v2i4.551

Keywords:

Pertumbuhan Penjualan, Likuiditas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas terhadap Struktur Modal dengan Ukuran Perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 70 perusahaan dari 216 populasi selama 5 tahun pengamatan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal, Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Struktur Modal. Sedangkan untuk pengujian Moderated Regression Analysis (MRA) diperoleh hasil Ukuran Perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas terhadap Struktur Modal pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022.

Downloads

Published

2024-12-16

Issue

Section

Articles