IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH OBJEK WISATA DI KABUPATEN MOJOKERTO JAWA TIMUR

Authors

  • Haya Nur Safa'atin ITB Tuban
  • Vicky Alvian Okta Maulana
  • Ufi Ulfiah

DOI:

https://doi.org/10.61696/jurdian.v4i3.507

Keywords:

Pariwisata, Strategi Bauran Pemasaran, Meningkatkan Jumlah Objek Wisata

Abstract

Pengembangan sektor pariwisata secara signifikan dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi sebuah daerah. Kabupaten Mojokerto adalah sebuah contoh daerah yang memanfaatkan keindahan alam dan keanekaragaman budayanya sebagai potensi untuk memajukan industri pariwisata. Seiring waktu, jumlah objek wisata di Mojokerto terus meningkat. Sehingga, artikel ini mempunyai maksud tujuan sebagai identifikasi strategi khusus yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Mojokerto dalam menumbuhkan jumlah objek wisata. Dalam jangka panjang, strategi pemasaran yang tepat akan membantu meningkatkan pengunjung ke Mojokerto dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif studi kasus dan teknik trianggulasi. Penelitian menunjukkan bahwa Disparpora Kabupaten Mojokerto telah mengimplementasikan strategi bauran pemasaran yang efektif untuk meningkatkan jumlah objek wisata di area mereka di Jawa Timur. Sebagai rekomendasi, penelitian merekomendasikan penambahan dua unsur dalam bauran pemasaran yang sebelumnya berisi 7p, menjadikannya bauran pemasaran 9P, dua poin tersebut adalah promise dan patience. Diharapkan dengan adanya rekomendasi ini, jumlah objek wisata di Mojokerto dapat terus meningkat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

Kata kunci: Pariwisata, Strategi Bauran Pemasaran, Meningkatkan Jumlah Objek Wisata

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

Safa’atin, H. N., Okta Maulana, V. A., & Ulfiah, U. (2024). IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH OBJEK WISATA DI KABUPATEN MOJOKERTO JAWA TIMUR. Jurnal Pengabdian Bukit Pengharapan, 4(1), 209–226. https://doi.org/10.61696/jurdian.v4i3.507

Issue

Section

Articles